Fax: (0411) 442978
Phone: (0411) 453202
Email: bkad.sulsel@yahoo.com
Selasa 02-03-2021

Gubernur & Wakil Gubernur Sulawesi Selatan

Foto Bersama Setelah Pelantikan

Foto Bersama Kepala BKAD

Foto bersama dengan kepala BKAD Prov. Sul-Sel

#
#
#
#
#
#
#
#
#

Tentang BKADBadan Keuangan & Aset Daerah

  Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Terbentuk Pada Tahun 2020, berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 10 tahun 2016 tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah dan Peraturan Gubernur Nomor 52 Tahun 2019 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sulawesi Selatan...
  Perangkat daerah ini dibentuk dari gabungan 2 (dua) perangkat daerah yakni Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) dan Biro Pengelolaan Barang dan Aset Daerah, dengan tugas membantu Gubernur menyelenggarakan fungsi penunjang urusan pemerintahan bidang pengelolaan keuangan yang menjadi kewenangan daerah sebagaimana amanah dari Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Provinsi dan Daerah Kabupaten/Kota Yang Melaksanakan Fungsi Penunjang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan.

BeritaBerita Terbaru

Menyajikan berita terkini seputar BKAD Prov. Sulawesi Selatan..

BKAD Sulsel Dampingi Banggar DPRD Kunjungan Kerja…

  • 24 Feb 2021
  • 15


MAKASSAR - Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Sulawesi Selatan mengutuskan jajarannya untuk mendampingi DPRD Sulsel.


Dalam hal itu, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan kerja di dua daerah, Selasa (23/2/2021). Yakni di Kabupaten Jeneponto dan di Kabupaten Takalar.


Di DPRD Kabupaten Jeneponto, tim Banggar DPRD didampingi oleh tiga orang dari BKAD Sulsel. Yakni Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Daerah Wilayah II, M.Taufiq Azis, SE, MM; Bendahara SKPKD, Nugrah Karyadi; Analis Perencanaan Penganggaran, Fahmi Alifyansyah, S.STP.


Sementara itu, di Kantor Bupati Takalar, rombongan Banggar DPRD Sulsel turut didampingi dari BKAD Sulsel. Diantaranya Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Daerah Wilayah I, Moh. Fitrah Ardiansyah, S.STP, M.Si; Analis Perbendaharaan, A. Wahyu Dwi Saputra, S.STP; Analisis Perancanaan, Andi Aminuddin Sangkawana S.STP.


Dikatakan, bahwa kunjungan Banggar DPRD Sulsel ke dua Kabupaten itu dalam rangka mengecek optimalisasi pemanfaatan bantuan dana APBD Pemerintah Provinsi ke Kabupaten/Kota.

Dampingi DPRD Konsultasi Ranperda, Kepala BKAD…

  • 24 Feb 2021
  • 2


JAKARTA - Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Muhammad Rasyid mendampingi DPRD Sulsel melakukan kunjungan kerja di Jakarta, 23 Februari 2021.

Adapun agenda Pimpinan dan Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka konsultasi dengan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Kunjungan itu untuk konsultasi perihal Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Dalam kesempatan itu, Kepala BKAD Sulsel didampingi oleh Kepala Bidang Perencanaan Anggaran Daerah, Sakura, S.Sos., MM dan Kepala Sub Bidang Perencanaan Anggaran Daerah Wilayah III, Sardy A. Burhan, SE

Pilot Project Penerapan ASN CORPU, Sekretaris…

  • 23 Feb 2021
  • 7



MAKASSAR - Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Sulawesi Selatan menjadi salah satu OPD yang dipilih untuk penerapan Aparatur Sipil Negara Corporate University (ASN CORPU).


Hal itu ditandai dengan pelaksanaan Penandatanganan Kontrak Solusi Digital ASN CORPU Pemprov Sulsel bersama PT. Telkom Indonesia (Persero) TBK di Kantor Bappelitbangda Sulsel, Selasa (23/2/2021).


Dalam kesempatan itu, adapun OPD Lingkup Pemprov Sulsel yang melakukan penandatanganan kontrak diantaranya BKAD, Inspektorat, BPSDM, Diskominfo-SP, Biro Organisasi, BKD, dan Bappelitbangda.


Dikatakan, bahwa dilaksanakannya ini atas tindaklanjut hasil rapat dengan 7 OPD pada tanggal 18 Februari 2021 terkait percepatan penerapan Aparatur Sipil Negara Corporate University (ASN CORPU) Provinsi Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Asisten III Setda Provinsi Sulawesi Selatan.


Untuk penandatanganan kontrak BKAD Sulsel diteken oleh Sekretaris BKAD Sulsel, Octria Ramdhayana, SE, MM mewakili Kepala BKAD Sulsel, Drs. Muhammad Rasyid. Yang didampingi oleh Kepala Sub Bagian Umum, Kepegawaian, dan Hukum, Kasman, S.Hut dan Kepala Sub Bagian Program, A. Indra Wirahadikusumah, SE.


Sekretaris BKAD Sulsel, Octria Ramdhayana mengatakan, bahwa penerapan ASN CORPU ini sejalan dengan misi Pemprov Sulsel di bawah pimpinan Gubernur H.M. Nurdin Abdullah dan Wagub Andi Sudirman Sulaiman, yaitu "Sulsel Melayani". Tujuannya untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat sehingga reformasi birokrasi terwujud dalam pemerintahan.


"CORPU sejalan dengan kebijakan pusat dalam konteks manajemen talenta. Dalam hal ini sesuai dengan arah kebijakan Presiden RI Joko Widodo terkait dengan pembangunan SDM," katanya.


"Melalui ASN Corporate University (CORPU) ini untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM), khususnya peningkatan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintahan," jelasnya.


CORPU akan menjadi sebuah manajemen pelatihan ASN. Namun, pendekatan dalam pembinaan dan pembelajarannya, sedikit banyak mengadopsi dari sistem pendidikan di perguruan tinggi. Melalui CORPU, kualitas kinerja para ASN bisa ditingkatkan, lebih utama menjadi aparatur yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.


"Rencananya peralatan ASN CORPU akan dipasang pada akhir bulan Maret di 7 OPD, salah satunya BKAD untuk percontohan penerapannya. Untuk launching pemakaiannya diperkirakan awal April," bebernya.

Kepala BKAD Sulsel Ikuti Coffee Morning Pekan…

  • 22 Feb 2021
  • 11



MAKASSAR - Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Muhammad Rasyid mengikuti Coffee Morning, Senin 22 Februari 2021.


Coffee Morning yang berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernurnya Sulsel itu turut dihadiri oleh Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.


Ini menjadi agenda rutinitas Pemprov Sulsel setiap pekannya di hari senin pagi.


Yang diikuti oleh para Pimpinan, TGUPP, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel, serta Dirut RS.


Dalam Coffee Morning ini, menjadi wadah saling bertukar pikiran serta menyampaikan laporan kepada pimpinan.

BKAD Sulsel Gelar Rakor PPID

  • 17 Feb 2021
  • 10



MAKASSAR - Berlangsung di ruang Rapat Lantai 4, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulawesi Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi, Rabu (17/2/2021).


Dalam Rakor ini membahas progres untuk kinerja Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada BKAD Sulsel Tahun 2021.


Rakor ini dipimpin oleh Sekretaris, Octria Ramdhayana, SE, MM; Kasubag Umum, Kepegawaian dan Hukum, Kasman, S.Hut; Kasubag Program, A. Indra Wirahadikusumah, SE.


Yang diikuti dari Bidang Perencanaan Anggaran Daerah; Bidang Perbendaharaan Daerah; Bidang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah; dan Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah.


Beragam hal dibahas, mulai dari progres kinerja dan rencana kerja PPID pada BKAD Sulsel untuk tahun 2021 ini.


Sekretaris BKAD Sulsel, Octria Ramdhayana menyampaikan, bahwa pentingnya keterbukaan informasi publik sesuai dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.


Ia pun mengingatkan, agar komunikasi dan kerjasama untuk lebih ditingkatkan. "Dukungan dari setiap bidang terkait data dan informasi yang mendukung untuk publikasi," katanya.


"Dalam laporan harus inovatif, produktif, kompetitif, inklusif, dan berkarakter," pintanya.

Video


Menyajikan dokumentasi kegiatan terbaru dalam bentuk video

Protokol Kesehatan

25 Agustus 2020

Pengumuman


Menyajikan pengumuman dan agenda terkini BKAD

DokumenDownload Dokumen

Silahkan pilih dokumen..

APBD / APBDP

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah & Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan

DPA / DPPA

Dokumen Pelaksanaan Anggaran & Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran

RKA / RKAP

Rencana Kegiatan dan Anggaran & Rencana Kegiatan dan Anggaran Perubahan

LRA

Laporan Realisasi Anggaran



LKPD

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

RENSTRA

Rencana Strategis

RENJA

Rencana Kerja

LAPORAN KINERJA

Laporan Kinerja Badan Keuangan Daerah

PimpinanStruktur Organisasi

Informasi tentang Kepala Badan,Kepala Sub Bagian, dan Kepala Bidang BKAD Sul-Sel.

#

Drs. Muhammad Rasyid

KEPALA BADAN
#

Kasman, S.Hut

KASUBAG Umum, Kepegawaian, dan Hukum
#

Manian Efendy, SE,MM

KASUBAG Keuangan
#

Sakura, S.Sos, MM

KABID Perencanaan Anggaran
#

Salehuddin, S.Kom, M.Si

KABID Perbendaharaan
#

Suryaningsih, SE, M.Si

KABID Akuntansi dan Pelaporan Keuangan
#

Murniati, S.Sos

KABID Pengelolaan Barang Milik Daerah